SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Kita Adalah Seorang Pemimpin

Pada hakikatnya setiap diri kita adalah  pemimpin, baik pemimpin formal ataupun non formal. Sebagai pemimpin, maka ada amanah tanggungjawab yang wajib ditunaikan dengan benar. Dengan demikian, tak seorangpun dapat melarikan diri dari tanggungjawab atas suatu amanah, siapapun kita, karena pada dasarnya setiap diri kita adalah pemimpin.

Dalam konteks agama, seorang pemimpin yang menjalankan kewajibannya, akan memberikan kemanfaatan besar terhadap kehidupan umat atau golongan yang dipimpinnya, dibalas dengan pahala yang besar dan dimudahkan hisabnya kelak di akhirat.  Pun sebaliknya, jika ia khianat atas kepemimpinannya, maka ini akan membahayakan umat/ golongan yang dipimpinnya, mempersulit hisabnya kelak, dan dirinya berhak mendapatkan murka dan siksa Allah SWT. 

Untuk itulah Rasulullah melalui sabdanya mengingatkan kita semua perihal di atas, yakni melaksanakan kewajiban kepemimpinan, memberikan petunjuk untuk kemaslahatan kehidupan di dunia maupun akhirat, serta mencegah umat yang dipimpinnya melakukan yang membahayakan kehidupan mereka.

Renungkanlah Sabda Nabi Muhammad berikut ini :

عن عبد الله بن عمر رضي الله عنهما عن النبي صلى الله عليه وسلم قال: {أَلَا كُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، فَالْأَمِيرُ الَّذِي عَلَى النَّاسِ رَاعٍ، وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ، وَالرَّجُلُ رَاعٍ عَلَى أَهْلِ بَيْتِهِ، وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُمْ، وَالْمَرْأَةُ رَاعِيَةٌ عَلَى بَيْتِ بَعْلِهَا وَوَلَدِهِ، وَهِيَ مَسْئُولَةٌ عَنْهُمْ، وَالْعَبْدُ رَاعٍ عَلَى مَالِ سَيِّدِهِ وَهُوَ مَسْئُولٌ عَنْهُ، أَلَا فَكُلُّكُمْ رَاعٍ، وَكُلُّكُمْ مَسْئُولٌ عَنْ رَعِيَّتِهِ} (متفق عليه)

 

Dari Ibn Umar ra. Dari Nabi saw, beliau bersabda : “ Kalian adalah pemimpin dan kalian akan dimintai pertanggungjawaban atas kepemimpinan kalian. Seorang penguasa adalah pemimpin, seorang suami adalah seorang pemimpin seluruh keluarganya, demikian pula seorang isteri adalah pemimpin atas rumah suami dan anaknya. Kalian adalah pemimpin yang akan dimintai pertanggungtawaban atas kepemimpinan kalian”. (HR. Bukhari dan Muslim)

Semoga kita memahami sepenuhnya bahwa setiap diri kita hakikatnya adalah seorang pemimpin yang mempunyai kewajiban menunaikan amanah demi kemaslahatan kehidupan di dunia dan akhirat.

TINGGALKAN KOMENTAR

Pengumuman

Pembelajaran TPQ Al Hikmah Pasca PPKM Kota Tegal

Ujian Akhir Quran TPQ Al Hikmah 2021

Pelaksanaan Ujian Akhir (IMTAS) TPQ Al Hikmah Tahun 2021

Kategori