SEKILAS INFO
: - Senin, 06-12-2021
  • 7 bulan yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Tabungan Khotmil XX dan Pembinaan Kepala TPQ Al Hikmah

Al Hikmah Tegal. Selama 4 hari berturut-turut yakni dari tanggal 22-25 Juli 2021 telah dilangsungkan acara penerimaan uang tabungan santri. Kegiatan ini rutin dilaksanakan tiap menjelang acara Khotmil Qur’an TPQ Al Hikmah yang pelaksanaannya bertepatan dengan tahun baru Hijriyah.

Penerimaan Tabungan Al Hikmah 1

Santri mulai menabung tidak lama sesudah pelaksanaan khotmil Qur’an tahun sebelumnya. Ini dimaksudkan untuk meringankan infaq santri dalam peringatan Khotmil Qur’an pada tahun depannya. Dengan sistem tabungan, diharapkan biaya pelaksanaan acara Khotmil dapat terpenuhi sesuai RAB yang sudah dibuat.

Tahun ini, pembagian tabungan dilaksanakan selama 4 hari dengan penjadwalan 2 hari untuk TPQ Al Hikmah unit 1 dan 2 hari lainnya untuk TPQ Al Hikmah unit 2. Pembagian waktu ini dikarenakan kondisi PPKM (Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat) Darurat yang masih berjalan di Kota Tegal sampai tanggal 20 Juli 2021 dan diperpanjang sampai tanggal 25 Juli 2021.

Tabungan Al Hikmah 2

Penerimaan Tabungan Al Hikmah 2

Sebelum pembagian uang tabungan, dalam kesempatan ini Kepala TPQ Al Hikmah membukanya dengan memberikan sambutan pengarahan sebagai berikut :

 

Pertama. Proses Pembelajaran.

Proses pembelajaran di TPQ Al Hikmah selama masa PPKM dilakukan secara terbatas, yakni bergiliran hari antar kelas.

 

Kedua. Kenaikan Syahriyah.

Sebagaimana telah diinformasikan sebelumnya pada saat penerimaan rapor semester genap tahun pelajaran 2020/2021, Kepala TPQ Al Hikmah menginformasikan bahwa ada rencana kenaikan syahriyah/ SPP santri per bulan Juli 2021. Kenaikan ini dimaksudkan untuk menutup anggaran operasional rutin dan insidental dalam masa 1 tahun pelajaran baru.

 

Ketiga. Pelaksanaan dan Infaq Khotmil Qur’an Ke XX 2021.

Khotmil Qur’an ke XX tahun 2021 dilaksanakan secara sederhana dan terbatas dikarenakan kondisi pandemi wabah Covid-19 yang belum mereda. Hanya ada acara inti yakni prosesi Khotmil Qur’an dan Wisuda Santri. Disamping kemasan acara yang sederhana, pembiayaan acaranya juga diminimalisir agar tidak memberatkan beban infaq tiap santrinya.

 

Keempat. Tabungan Khatmil Quran Ke XXI Tahun 2022.

Tabungan untuk Khatmil Quran ke XXI tahun 2022 direncanakan akan dibuka kembali pada awal bulan September 2021. Diharapkan semua santri dapat menabung secara rutin sehingga uang tabungan dapat dimanfaatkan untuk keperluan ke TPQ-an, seperti bayar syahriyah/ SPP, disamping tujuan utamanya untuk bayar infak khataman tahun depannya.

 

Kelima. Pembinaan Khotimin

Diharapkan santri setelah mengikuti khataman golongan Juz Amma tahun depannya dapat mengikuti khataman golongan Qur’an (30 Juz). Untuk itu, mereka harus mempersiapkan diri selama 1 tahun ke depan untuk memaksimalkan hasil akhirnya.

Sementara itu, khotimin golongan Qur’an diharapkan dapat melanjutkan ke jenjang TQA / Pasca TPQ. Pada jenjang ini, para santri akan diajarkan materi pelajaran yang tidak diajarkan di TPQ, yang utama adalah pelajaran : tajwid seri pendalaman, hadis, akhlak, aqidah, fiqih dan sejarah Islam.

 

Keenam. Infaq Pembangunan.

Dalam kesempatan ini, saat orang tua menerima uang tabungan, dihimbau untuk menyisihkan sebagian saldo tabungannya untuk infak pembangunan gedung baru dan asrama Yayasan Al Hikmah Tegal yang masih dalam proses pembangunan.

Dan Alhamdulillah telah terkumpul infak pembangunan dari para orang tua TPQ Al Hikmah 1 dan 2 sebesar 2.180.000,- (dua juta seratus delapan puluh ribu rupiah). Untuk selanjutnya uang tersebut akan diteruskan ke Panitia Pembangunan.

Terima kasih kami sampaikan atas amal shodaqahnya. Semoga Allah membalas dengan pembalasan yang terbaik. Aamiin

Pengumuman

Pembelajaran TPQ Al Hikmah Pasca PPKM Kota Tegal

Ujian Akhir Quran TPQ Al Hikmah 2021

Pelaksanaan Ujian Akhir (IMTAS) TPQ Al Hikmah Tahun 2021

Kategori