SEKILAS INFO
: - Jumat, 24-09-2021
  • 5 bulan yang lalu / Selamat datang di website resmi Yayasan Pondok Pesantren Al Hikmah Tegal – Terima kasih atas kunjungan Anda – Semoga bermanfaat
Wisuda TPQ Al Hikmah Angkatan ke 20 Tahun 2021

Al Hikmah Tegal – Tegal, 10 Agustus 2021 yang bertepatan dengan 01 Muharram 1443 H telah dilangsungkan Peringatan Khotmil Qur’an bin Nadzor dan Wisuda Angkatan Ke 20 TPQ Al Hikmah Tegal Tahun 2021. Al Hamdulillah, secara umum acara dapat berjalan dengan lancar, meski dibayangi suasana perpanjangan PPKM Level 4 Tahap 2 (10-16 Agustus 2021)

 

Kemasan Acara

Acara dilangsungkan masih dalam suasana pandemi Covid-19. Untuk itu kemasan acara tidak seperti tahun-tahun sebelumnya yang dimeriahkan dengan berbagai acara, seperti Pawai Ta’aruf, lomba-lomba untuk santri, pentas seni santri dan santunan santri yatim. Tahun ini kemasan acaranya hanya langsung pada intinya yakni, pelaksanaan Khotmil Qur’an dan Wisuda Santri.

Disamping kemasan acara yang diminimalisir, jumlah pengunjung dalam acara ini juga dibatasi yakni hanya dihadiri oleh orang tua wisudawan/ Khotimin, serta beberapa alumni dan partisipan.

Kemasan acara yang sederhana dan adanya batasan pengunjung tentunya berkonsekuensi meringankan beban infaq per-santrinya. Anggaran kegiatan menjadi porsi perhatian Panitia, karena disadari bahwa dampak PPKM sangat berpengaruh pada sektor ekonomi masyarakat.

Beban anggaran kegiatan juga menjadi lebih ringan jika santri/ wali santri memanfaatkan tabungan khataman yang telah dibuka 10 bulan sebelum pelaksanaan kegiatan. Dan Alhamdulillah, Rencana Anggaran Biaya (RAB) Kegiatan telah tercofer oleh pemasukan infak santri. Untuk itu, program tabungan khataman akan dilanjutkan karena dirasa meringankan beban infaq per-santri dalam kegiatan tahunan tersebut.

 

Jumlah Wisudawan

Tahun ini, jumlah wisudawan total 35 santri dengan rincian : 13 santri golongan Qur’an dan 22 santri golongan Juz Amma (Juz 30). Besar harapan untuk santri golongan Qur’an setelah di wisuda dapat melanjutkan ke jenjang Pasca TPQ (TQA) dan untuk santri golongan Juz Amma dapat mengikuti wisuda golongan Qur’an (30 Juz) tahun depannya. 

Wisudawan TPQ Al Hikmah

Wisudawan TPQ Al Hikmah

Grafik jumlah wisudawan tahun demi tahun memang diakui naik turun. Hal ini disebabkan kriteria calon wisudawan lebih didasarkan pada kompetensi individual, bukan kolektif berdasarkan tahun pelajaran layaknya di sekolah formal.

Hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi lembaga TPQ untuk menetapkan prosentase minimal jumlah calon wisudawan untuk tahun-tahun mendatang, selanjutnya ketetapan ini ditindaklanjuti oleh para ustadz/h di masing-masing kelas yang menjadi tanggungjawabnya.

 

Materi Ujian/IMTAS

Sebelum di wisuda, para wisudawan telah diuji secara tertutup. Untuk Golongan Qur’an diuji langsung oleh Tim Penguji dari Koordinator Pusat Metode Tilaawati Tegal pada hari Ahad tanggal 01 Agustus 2021, dengan 10 materi ujian meliputi : Fashohah, Tartil, Tajwid, Gahrib, Surat Pendek, Doa Harian, Praktek Sholat, Menulis, Wirid Sholat dan Maulid Dibai

Korpus Tilawati Tegal

Kepala TPQ bersama Tim Penguji Korpus Tilaawati Tegal

Sedangkan untuk Golongan Juz Amma diuji secara mandiri yakni oleh perwakilan Asatidz TPQ Al Hikmah pada hari Ahad, tanggal 25 Agustus 2021, dengan 8 materi ujian meliputi : Fashohah, Tartil, Tajwid, Surat Pendek, Doa Harian, Praktek Sholat, Menulis, dan Wirid Sholat.

 

Uji Ulang

Setelah calon wisudawan mengikuti ujian akhir, selanjutnya mereka akan di uji ulang pada saat pelaksanaan prosesi Khotmil Qur’an dan Wisuda pada hari Selasa, 10 Agustus 2021.

Uji ulang golongan Juz Amma dipandu oleh Ustadz Makhdum Muttakin, S.Ag selaku pengurus Yayasan Al Hikmah Tegal. Sedangkan uji ulang wisudawan golongan Qur’an dipandu langsung oleh Ustadz Hafidz Mua’arif selaku Koordinator Pusat Metode Tilaawati Tegal

Uji Ulang

Uji Ulang oleh KH. Makhdum Muttakin, S.Ag

Uji ulang ini dimaksudkan untuk menguji kompetensi beberapa wisudawan di depan pengunjung, dan yang paling pokok bertujuan untuk mengingatkan ke para pengunjung, dalam hal ini orang tua wisudawan khususnya, bahwa orang tua tidak dapat melepaskan tanggungjawabnya secara penuh ke lembaga TPQ dalam kepedulian pentingnya pendidikan Qur’an.

Uji Ulang oleh Korpus Tilaawati

Uji Ulang oleh Ust. hafidz Mua’arif selaku Korpus Tilaawati Teg

Pada tahap pembiasaan keseharian, tentunya peran orang tua sangat diperlukan, terlebih disadari bersama bahwa waktu kebersamaan santri dengan keluarga di rumah lebih banyak daripada di TPQ. Dengan kata lain, adanya perhatian dan upaya harmonisasi bersama antara lembaga dan orang tua tentunya akan lebih memaksimalkan kualitas pendidikan Al Qur’an.

 

Wisudawan Terbaik

Mendasarkan pada hasil ujian akhir, telah ditetapkan wisudawan terbaik untuk golongan Juz Amma dan golongan Quran. Berikut ini Wisudawan terbaik tahun 2021 :

  • Golongan Juz Amma

Terbaik 1 : KISHA INTAN AYU NURFANI
Terbaik 2 : CHANDRA MUSTHOFA
Terbaik 3 : ZASKIA MUHIBATUL HASANAH

  • Golongan Qur’an

Terbaik 1 : GENDIS AMERA EL FAIQOH
Terbaik 2 : DINDA SALWA NAFI’AH
Terbaik 3 : ARLEA NABILA PUTRI KAYLA

Khotmil Qur'an TPQ

Pemberian cindera mata Wisudawan terbaik

 

Moment Mengharukan

Acara wisuda santri ditutup dengan prosesi sungkeman para wisudawan dengan orang tuanya masing-masing. Sebuah acara baru yang pada kegiatan wisuda sebelumnya belum ada. Acara ini diiringi pembacaan puisi tentang “IBU” dan iringan instrumen.

Sungkeman

Acara sungkeman dengan orang tua

Pembacaan puisi tentang “Ibu” dimandatkan pada Ananda Irfa Khunainah (Alumni TPQ Angkatan ke XI tahun 2012), dengan penuh penghayatan dan iringan instrumen musik, menjadikan acara sungkeman penuh keharuan, bahkan isakan tangis beberapa orang tua wisudawan-pun terlihat pecah.

 

Review Kegiatan

Evaluasi tiap kegiatan menjadi sebuah keharusan guna perbaikan kegiatan tersebut diwaktu-waktu mendatang, terutama dari segi kualitas, baik kualitas wisudawan maupun kemasan acaranya. Kami menyadari masih banyak bagian-bagian tertentu dalam kegiatan tersebut yang menjadi PR untuk terus diperbaiki. Kami telah mencatatnya sebagai bahan evaluasi dan akan ditindaklanjuti dalam proses pembelajaran mendatang. Diharapkan tahun demi tahun ada peningkatan kualitas acara dan kualitas wisudawanya.

Namun demikian, Kami mengapresiasi segala ikhtiar Dewan Asatidz/h TPQ Al Hikmah yang berusaha keras mewujudkan Generasi Qurani, meski dalam perjalanannya masih ditemukan banyak kendala. Untuk itu diperlukan langkah-langkah strategis dan segera mengeksekusinya, diantaranya : perbaikan proses pembelajaran, pembinaan rutin guru, pengetatan tata tertib dan administrasi, dan harmonisasi lembaga dengan orang tua santri.

 

Ucapan Terima Kasih

Atas nama Panitia, Kami ucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang mendukung penuh pelaksanaan acara ini, terkhusus kepada semua dewan pengajar TPQ/ PAUD TPQ Al Hikmah, Alumnus TPQ, dan orang tua wisudawan.

Tak lupa Kami juga mengucapkan rasa terima kasih pula kepada semua orang tua/ Wali santri yang telah mendukung acara ini secara finansial sehingga acara berjalan dengan lancar. Semoga Allah membalas amal ibadahnya dengan pembalasan yang terbaik.

 

Pesan Akhir

Akhir kata, terkhusus bagi wisudawan golongan Qur’an. Kami berharap apa yang telah Kalian pelajari di TPQ Al Hikmah dapat menjadi pondasi awal dalam mengenal Qur’an, selanjutnya teruslah belajar dan belajar untuk menggapai kesuksesan di dunia dan akhirat.

Ingat !!! Kalian baru khatam yang pertama, yakni khatam membaca. Seiring waktu, setidaknya kalian berusaha untuk khatam yang kedua dan ketiga, yakni khatam memahami dan khatam mengamalkan isinya.

Maka, teruslah berinteraksi mesra dengan Quran, teruslah istiqamah membaca dan hidup bersamanya, agar kelak kalian mendapatkan syafaatnya. 

Dan, teruslah jalin silaturahmi. Tak ada kata “mantan guru dalam kamus pendidikan”. Guru-guru kalian juga merupakan orang tua yang sama-sama berikhtiar memujudkan impian anak-anak sholeh/h.

Seiring berjalannya waktu, kelak jika engkau mengenakan “baju yang berbeda” janganlah Kau jadikan alasan untuk memutus shilaturahmi. Yang pasti, kita adalah saudara seiman. Semoga Kalian menjadi anak-anak yang bermanfaat untuk agama, orang tua, masyarakat dan bangsa. Aamiin

Pengumuman

Pembelajaran TPQ Al Hikmah Pasca PPKM Kota Tegal

Ujian Akhir Quran TPQ Al Hikmah 2021

Pelaksanaan Ujian Akhir (IMTAS) TPQ Al Hikmah Tahun 2021

Kategori